Penulisan Ilmiah [Bab 2] - Ecommerce Php & Mysql


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Penjualan

    Dalam dunia bisnis, semua itu meliputi bidang produksi, destribusi, dan konsumsi yang bermuara pada kegiatan penjualan. Pada pokoknya penjualan merupakan proses kegiatan penyerahan barang dengan harga yang telah disepakati oleh penjual dan pembeli. Dalam prakteknya penjualan barang dagangan kepada pelanggan sebagai berikut :
  1. 1.      Cara melakukan pembayaran

Berdasarkan Cara melakukan pembayaran, penjualan dapat dilakukan dengan cara :
  1. a.       Penjualan tunai
  2. Penjualan tunai adalah yang pembayarannya dilakukan secara tunai. Uang hasil penjualan barang dagangan diterima oleh penjual kepada pembeli pada saat bersamaan dengan penyerahan barang dagangan tersebut.
  3. b.      Penjualan kredit
  4. Penjualan kredit adalah suatu penjualan barang yang pembayarannya dilakukan kemudian, baik dengan pembayaran di belakang secara sekaligus atau dicicil, setelah barang dagangan diserahkan oleh penjual kepada pembeli.

  1. 2.      Banyaknya barang yang dijual

Berdasarkan banyakanya jumlah barang yang dijual dalam setiap transaksi penjualan, penjualan barang kepada pelanggan terbagi menjadi dua, yaitu :
  1. a.       Penjualan eceran
  2. Penjualan eceran adalah penjualan yang dilakukan dalam jumlah barang yang terbilang kecil atau sedikit.
  3. b.      Penjualan bukan eceran
  4. Penjualan bukan eceran adalah penjualan yang dilakukan dalam jumlah satuan barang yang relative besar, sehingga sering disebut partai besar atau agen penjualan.

  • 3.      Pelaksanaan penjualan yang sifatnya khusus

Cara penjualan yang sifatnya khusus adalah penjualan yang dikaitkan dengan adanya beberapa tujuan.
  1. a.       Penjualan lelang
  2. Penjualan lelang adalah penjualan yang dilakukan dengan cara penawaran tertentu, baik secara terbuka maupun tertutup.
  3. b.      Penjualan obral
  4. Penjualan secara obral adalah penjualan yang dilakukan dengan cara memberikan harga relative murah dari harga biasanya.


2.2 Pengertian E-commerce

            Electronic commerce (e-commerce) merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat seiring dengan kehadiran internet dalam kehidupan masyarakat. Banyak orang mendapatkan manfaat dan kemudahan berbisnis melalui internet. Electronic commerce merupakan konsep baru yang biasa digambarkan sebagai proses jual beli barang dan jasa pada World Wide Web atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet.
Ada beberapa difinisi electronic commerce yang dapat dilihat dari beberapa perspektif yaitu sebagai berikut :
1.  Persepektif komunikasi     : E-commerce merupakan pengiriman informasi produk atau layanan melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
2.      Perspektif layanan          : E-commerce merupakan salah satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen dan manajemen dalam mengurangi biaya layanan ketika meningkatkan mutu dari barang dan kecepatan layanan.
3.   Persepektif online             : E-commerce berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di internet.

Electronic commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informarsi yang dilakukan secara elektronik.
Electronic commerce adalah aktifitas bisnis yang diarahkan pada pertukaran nilai melalui jaringan telekomunikasi berupa internet. Electronic commerce merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dari produk, layanan dan informasi, serta mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan, sehingga harga dari produk atau pelayanan dari informasi tersebut dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi kualitas yang ada.
Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-commerce merupakan segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik. Serta proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet dan sejenis mekanisme bisnis elektronik dengan fokus pada transaksi indivindu dengan menggunakan internet sebagai sarana pertukaran barang atau jasa antar instansi, atau indivindu dengan instansi.

2.2.1 Karakteristik E-commerce

            Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi E-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangan khusus.
1.      Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau indivindu yang ingin go-international. Hanya perusahaan atau indivindu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya keluar negeri. Namun sekarang, dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional, cukup dengan membuat situs, web atau memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24jam) dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi online.
2.      Transaksi antonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lain. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli, sepanjang mengenai pembayarannya telah diotoritasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, biasanya dengan kartu kredit.
3.      Produk digital dan non-digital
Produk-produk digital seperti perangkat lunak komputer, music dan produk yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mengunduh secara elektronik. Dalam perkembangannya, objek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya, seperti komputer, televisi, mesin cuci, dan lain sebagainya.
4.      Produk barang tidak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak dibidang E-commerce dengan menawarkan barang tidak berwujud, Seperti data perangkat lunak dan ide-ide yang dijual melalui internet.



2.3 Internet

2.3.1 Sejarah Internet

            Pada awalnya, internet merupakan suatu rencana dari departemen pertahanan Amerika Serikat (US departemen of Defense) pada akhir tahun 1960’an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET atau advanced research projects agency network. Beberapa universitas di Amerika Serikat diantaranya UCLA, Standford, UC Santa Barbara dan University of Utah diminta bantuan dalam mengerjakan proyek ini dan awalnya telah berhasil menghubungkan empat komputer dari lokasi universitas yang berbeda tersebut. Perkembangan  ARPANET ini cukup pesat jika dilihat dari perkembangan komputer saat itu.
            Sebagai gambaran pada tahun 1977, ARPANET telah menghubungkan lebih dari 100 (seratus) main frame komputer dan saat ini terdapat empat juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini.
            Jumlah yang sebenarnya dari komputer yang terhubung tidak dapat diketahui dengan pasti, karena perkembangan jumlah komputer yang terhubung dengan suatu jaringan semakin lama semakin besar.
            Karena perkembangan sangat pesat, jaringan komputer ini tidak dapat lagi disebut sebagai ARPANET karena semakin banyak komputer dan jaringan-jaringan regional yang terhubung. Konsep ini yang kemudian berkembang dan dikenal sebagai konsep internetworking. Oleh karena itu, istilah internet menjadi semakin popular, dan orang menyebut jaringan besar tersebut dengan istilah internet.


2.3.2 Protocol

            Agar komputer-komputer dalam suatu jaringan dapat berkomunikasi, maka dibutuhkan suatu protocol atau suatu aturan standar komunikasi baik antar computer maupun antar jaringan computer.
            Saat ini terdapat banyak jenis protocol jaringan komputer, seperti IPX atau SPX yang biasa digunakan oleh jaringan NOVELL Netware, NETBIOS atau NETBEUI biasa digunakan oleh jaringan Microsoft LAN Manager ataupun oleh Microsoft Networking. Apple Talk yang biasa digunakan oleh jaringan komputer Apple Machintosh dsb.
            Ada suatu protocol yang dikembangkan oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) dalam pengembangan dari ARPANET dan juga digunakan oleh jaringan komputer berbasis sistem operasi UNIX yaitu protocol TCP/IP (Transmission Control Protocl / Internet Protocol).

2.3.3 Layanan Aplikasi Internet

            Terdapat banyak sekali layanan aplikasi di internet dan masih terus akan berkembang sejalan dengan perkembangan tekhnologi informasi, di sini akan dibahas beberapa contoh aplikasi yang banyak digunakan, di antaranya adalah :
1.      Electonic Mail (E-mai)
Aplikasi ini adalah yang paling banyak digunakan, termasuk salah satu dari aplikasi pertama di internet.
2.      News-USENET
Digunakan sebagai saran untuk berdiskusi antar pemakai jaringan internet. Aplikasi ini hamper serupa dengan suatu papan pengumuman, dimana setiap orang dapat mengirim, melihat dan menanggapi suatu berita atau suatu topik diskusi dengan fasilitias yang hampir sama dengan E-mail. Topik diskusi dipisahkan oleh kelompok, dan pemakai yang berniat dapat melihat isi diskusi pada berita kelompok tersebut.
3.      File Transfer Protocol (FTP)
Untuk dapat mengirimkan dan mengambil data yang disimpan dalam bentuk file digunakan aplikasi FTP antara pemakai dengan suatu FTP server. Dengan adanya aplikasi ini, dimungkinkan untuk Mengunggah dan mengunduh data dalam format data berbentuk file seperti data, aplikasi, data base tersebut.
4.      Remote Login-Telnet
Telnet adalah suatu aplikasi remote login internet yang memungkinkan anda untuk masuk atau menggunakan komputer berbeda dijaringan secara interaktif. Untuk masuk dibutuhkan login account pada komputer tujuan, jika anda bukan user terdaftar maka tidak dapat masuk kekomputer tersebut. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengakses komputer berbasis sistem operasi UNIX dari tempat yang berbeda servernya.
5.      World Wide Web (WWW)
Salah satu layanan aplikasi di internet ini adalah World Wide Web (WWW), pelayanan yang cukup baru dikembangkan di internet dan menjadi layanan aplikasi yang paling populer digunakan pemakai jaringan internet dan perkembangannya terus dilakukan sampai saat ini, untuk menyempurnakan teknologi ini.  WWW atau yang biasa disebut hypertext, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu protocol aplikasi yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
      Awalnya informasi dapat dicari pada internet dengan menggunakan layanan fasilitas berbasis archie, gopher dan WAIS (Wide Area Information system). Saat dengan teknologi World Wide Web, dimungkinkan untuk mengakses informasi secara interaktif, dan bentuk informasinya berupa tampilan grafis maupun teks. Hal ini dimungkinkan dengan adanya HTTP yang digunakan untuk mengakses suatu informasi yang disimpan pada suaut situ web (website). Untuk dapat menggunakan saran ini, dibutuhkan aplikasi web browser.
6.      Teleconference
Dengan adanya jaringan internet yang mencakup hampir dari seluruh dunia, maka dimungkinkan untuk pemakainya dapat berkomunikasi secara langsung kepada pemakai lain di tempat lain, diseluruh dunia. Bentuk komunikasi ini juga dapat berkembang menjadi bentuk konferensi jarah jauh (Teleconferencing). Awalnya komunikasi ini berlaku untuk 2 (dua) pemakai dengan menggunakan teks sebagai sarananya. Kemudian berkembang menjadi konferensi jarak jauh untuk banyak pemakai sekaligus dan bahkan media tidak hanya berbasis teks melainkan dalam bentuk suara bahkan gambar.

2.4 Pengertian Struktur Navigasi

            Struktur navigasi adalah struktur atau alur dari suatu program. Menentukan struktur navigasi merupakan hal yang sebaiknya dilakukan sebelum membuat suatu aplikasi. Ada 4 (empat) macam bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan aplikasi yaitu linier, hirarki, campuran dan non linier.

2.4.1 Navigasi Linier

            Navigasi linier merupakan struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita berturut, sturktur ini menampilkan satu demi satu tampilan secara berturut menurut aturannya dan dapat dilihat pada gambar dibawah ini




            

Gambar 2.4.1 Navigasi linier

2.4.2 Navigasi Hirarki
            Struktur ini bias juga disebut navigasi bercabang. Merupkan suatu struktur yang mengandalkan percangbangan untuk data atau gambar pada layar dengan criteria tertentu. Tampilan ini pada menu pertama disebut Master Page (Halaman satu) dan jika dipilih menjadi halaman kedua, begitu seterusnya, tampilan seperti pada gambar dibawah ini :
 






Gambar 2.4.2 Navigasi Hirarki

2.4.3 Navigasi Campuran
            Struktur ini merupakan gabungan dari struktur sebelumnya dan juga disebut dengan struktur navigasi bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan maka dibuatkan percabangan. Berikut dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
 





Gambar 2.4.3 Navigasi Campuran

2.4.4 Navigasi Non Linier
            Struktur navigasi non linier (tidak berurut) merupakan pengembangan dari struktur navigas linier hanya saja pada struktur non linier berbeda dengan percabangan pada sturktur hirarki, pada struktur ini kedudukan semua page sama, sehingga tidak diperkenankan adanya master page dan slave page penggambarannya tampak seperti berikut :
 







Gambar 2.4.4 Navigasi Non Linier

2.5 Pengertian Story Board 
            Storyboard adalah area berseri dari sebuah gambar sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk menunjukan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita berlangsung. Storyboard merupakan naskah yang dituangkan dalam bentuk gambar atau sketsa yang berguna untuk lebih memudahkan kameraman dalam pengambilan gambar. Storyboard secara harifah berarti dasar cerita, storyboard adalah penjelasan bagaimana cara seseorang akan membuat suatu proyek. Hal-hal yang perlu dimuat di storyboard antara lain : visualisasi, sketsa, gambar, dan audio yang ada.

2.6 Pengertian PHP
PHP atau PHP Hypertext Preprocessor, adalah sebuah bahasa pemrograman web berbasis server (server-side) yang mampu mem-parsing kode PHP dari kode web dengan ekstensi .php, sehingga menghasilkan tampilan website yang dinamis di sisi client (browser). PHP Pertama kali ditemukan pada tahun 1995 oleh seorang Software Developer bernama Rasmus Lerdrof. Ide awal PHP adalah ketika itu Rasmus ingin mengetahui jumlah pengunjung yang membaca resume onlinenya. Script yang dikembangkan baru dapat melakukan dua pekerjaan, yakni merekam informasi visitor, dan menampilkan jumlah pengunjung dari suatu website. Dan sampai sekarang kedua tugas tersebut masih tetap popular digunakan oleh dunia web saat ini. Kemudian, banyak orang mendiskusikan script buatan Rasmus Lerdrof, hingga akhirnya Rasmus mulai membuat sebuah tool/script, bernama Personal Home Page (PHP).
            Kebutuhan PHP sebagai alat yang serba guna membuat Lerdrof melanjutkan untuk mengembangkan PHP hingga menjadi suatu bahasa tersendiri yang mungkin dapat mengkonversikan data yang di inputkan melalui Form HTML menjadi suatu variable, yang dapat dimanfaatkan oleh sistem lainnya. Untuk merealisasikannya, akhirnya Lerdrof mencoba mengembangkan PHP menggunakan bahasa C daripada menggunakan Perl. Tahun 1997, PHP versi 2.0 di rilis, dengan nama personal Home Page Fprm Interpreter (PHP-FI), PHP semakin popular, dan semakin diminati oleh programmer web dunia.
            Rasmus Lerdrof benar-benar menjadikan PHP sangat populer, dan banyak sekali Team Developer yang ikut bergabung dengan Lerdrof untuk mengembangkan PHP hingga menjadi seperti sekarang. Pada Juni 1998 dirilis versi ke 3 dan tercatat lebih dari 50.000 programmer menggunakan PHP dalam membuat website dinamis. Pada awal tahun 1999, netcraft mencatat, ditemukan 1.000.000 situs didunia telah menggunakan PHP. Ini membuktikan bahwa PHP merupakan bahasa yang paling popular digunakan oleh dunia web development.  Kemudian Zeev Suraski dan Andi Gutsman selaku core developernya (programmer inti) mencoba untuk menulis ulang PHP Parser, dan diintegrasikan dengan menggunakan Zend scripting engine, dan mengubah jalan alur operasi PHP. Dan semua fitur baru tersebut di rilis dalam PHP 4.


2.6.1 Kelebihan dan Kelemahan PHP
Kelebihan :
·         PHP menjadi popular karena kesederhaanya dan kemampuannya dalam menghasilkan berbagai aplikasi web seperti Content Management System (CMS), Electronic commerce (E-commerce), bulletin board, dll.
·         PHP adalah salah satu bahasa server-side yang didesain khusus untuk aplikasi web.
·         Berbagai  script atau aplikasi yang gratis telah tersedia.
·         Tersedia baik di Windows maupun Linux, walau saat ini paling efektif di web server Apache dan OS Linux.
·         Sintaks miri C dan mudah dipelajari.
·         PHP termasuk dalam Open Source product dan telah mencapai versi 4.
Kelemahan :
·         Tidak detail untuk pengembangan skala besar.
·         Tidak memiliki sistem pemograman berorientasi objek yang sesungguhnya.
·         PHP memiliki kelemahan keamanan tertentu apabila programmer tidak teliti dalam melakukan pemrograman dan kurang memperhatikan isu konfigurasi PHP.

2.6.2 Dasar-Dasar PHP
            Aturan-aturan dasar PHP adalah sebagai berikut :

2.6.2.1 Penggunaan Variabel PHP
Misalkan dalam PHP kita akan menyimpan suatu nilai berupa angka atau string dalam suatu variabel, caranya adalah membuat nama variabel terlebih dahulu kemudian diberikan suatu assignment pada nilai yang diinginkan. Perhatikan sintaks berikut ini.
$Nama-varibel=nilai;
Contoh Penggunaan variable dalam proses assignment (pemberian nilai pada sebuah variable) :
<?php
$variabel1=”Hello !!”;
$variabel2=4;
$varibel3=8;
?>
Berikut ini adalah beberapa aturan penulisan nama variable:
·         Nama variable harus diawali dengan huruf atau garis bawah (_)
·         Nama variable hanya boleh dituliskan dengan alpha numeric a-z, A-Z, 0-9 dan garis bawah
·         Nama variable yang terdiri lebih dari satu kata, dapat dipisahkan dengan garis bawah
2.6.2.2 Operator dalam PHP
Dalam bahasa pemrograman secara umum, operator digunakan untuk memanipulasi atau melakukan proses perhitungan pada suatu nilai. Pada artikel tentang penggunaan variabel, telah dikenalkan dengan operator dot (.) untuk menggabungkan string dan = untuk proses assignment. Selain dua operator itu masih banyak jenis operator yang lain dalam PHP yaitu:
·         Operator aritmatik
·         Operator perbandingan
·         Gabungan operator aritmatik dan assignment

Operator Aritmatik
Operator aritmatik digunakan untuk operasi dasar matematika. Berikut ini adalah tabel operator aritmatik, makna dan contohnya:
Tabel 2.6.2.2 Opertaor artimatik
No
Operator
Makna
Contoh
1
+
Penjumlahan
2 + 4
2
-
Pengurangan
3 – 3
3
*
Perkalian
5 *5
4
/
Permbagian
20 / 2
5
%
Modulus
43 % 10

Operator Perbandingan
            Operator perbandingan digunakan untuk menguji hubungan antara nilai dan atau variabel. Operator ini digunakan dalam suatu statement bersyarat yang selalu menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Misalkan diberikan nilai tertentu pada variabel $x = 4; $y = 5; berikut ini adalah tabel penggunaan operator perbandingan, makna dan hasilnya.
Tabel 2.6.2.2 Operator Perbandingan
No
Operator
Makna
Contoh
Hasil
1
==
Sama dengan
$x == $y
FALSE
2
!=
Tidak sama dengan
$x != $y
TRUE
3
< 
Lebih kecil dari
$x < $y
TRUE
4
> 
Lebih besar dari
$x > $y
FALSE
5
<=
Lebih kecil atau sama dengan dari
$x <= $y
TRUE
6
>=
Lebih besar atau sama dengan dari
$x >= $y
FALSE

2.7 MySQL
MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh menjadikannya produk turunan yang bersifat closed source atau komersial.
MySQL sebenarnya merupakan turunan dari SQL. SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. 
Kehandalan suatu sistem database dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan  perintah SQL, yang dibuat oleh pemakai maupun program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL dapat sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.

2.7.1 Kelebihan dan Kelemahan MySQL
·         Kelebihan MySQL
Secara umum, kelebihan MySQL adalah tersedia gratis untuk banyak sistem operasi dan hardware, memiliki kecepatan proses dan kemampuan menangani database dengan sangat baik di banyak tipe hardware dan sistem operasi yang digunakan. Selain itu MySQL juga mudah digunakan karena bahasa yang digunakannya termasuk simpel, mendukung SQL (Structured Query Language), sebuah bahasa untuk semua database sistem yang modern, mampu bekerja dengan beban berat dengan banyak client yang terhubung dalam satu waktu secara bersamaan, dapat diakses dari mana saja dari internet, mudah diperoleh dan yang terakhir faktor keamanan yang terjamin.
Mampu menangani jutaan user dalam waktu yang bersamaan. MySQL juga menyediakan dukungan open source. Setiap pengguna MySQL diiizinkan mengubah source untuk keperluan pengembangan atau menyelaraskan spesifikasi database sesuai kebutuhan. Sebelum menjalankan MySQL terlebih dahulu harus mengaktifkan daemon MySQL (mysqld).
·         Kelemahan MySQL
Kekurangan dari MySQL hanya pada tidak adanya fasilitas transaction processing.

2.7.2 Perintah dasar SQL
SQL merupakan bahasa ANSI (American National Standard Input) yang digunakan untuk melakukan query pada database. Semua pengoperasian data dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan bahasa ini, terutama dalam pemasukan dan seleksi data.
Perintah SQL ada 5 macam, yaitu :
a.      Data Definition Language (DDL)
DDL adalah perintah SQL yang digunakan untuk menjelaskan objek dari database. Dengan kata lain DDL digunakan untuk mendefinisikan kerangka database. Perintah yang termasuk DDL antara lain :
·         Create  : untuk membuat objek database
·         Alter    : untuk memodifikasi objek database
·         Drop    : untuk menghapus objek database

b.      Data Manipulation Language (DML)
DML adalah perintah yang digunakan untuk mengoperasikan dan  memanipulasi isi database. SQL menyediakan 4 perintah DML, yaitu :
·         Select  : untuk menampilkan data dari database
·         Delete  : untuk menghapus data pada database
·         Insert   : untuk menambahkan data ke database
·         Update            : untuk memodifikasi data pada database

c.       Security
Security adalah perintah yang digunakan untuk menjamin keamanan data antara lain terdiri atas          :
·         Grant   : member akses pemakai terntentu untuk akses ke database
·         Revoke : untuk mencabut hak akses dari pemakai

d.      Integrity
        Integrity adalah perintah yang digunakan untuk menjaga kesatuan data.
e.       Auxiliary
        Auxiliary adalah perintah pelengkap seperti unload atau rename..
2.7.3 Tipe-tipe Data Pada MySQL
        Pada dasarnya ada empat grup tipe data yang didukung MySQL, yaitu data numerik, string, waktu, dan data selain numerik atau string.
·         Tipe Data Numerik
Pada tipe data ini data yang disimpan hanya data angka (numerik) saja. Data disimpan disini baik dalam bentuk angka positif maupun angka negative
·         Tipe Data String
Pada tipe data ini dapat berisi nilai string (alphanumerik/karakter) dan numeric, Yang jelas nilai numerik disini tidak dapat untuk operasi perhitungan sebelumnya
·         Tipe Data Waktu
Tipe data ini menyimpan informasi waktu. Baik tanggal maupun jam. Walaupun data yang disimpan disini numeric, tetapi pembacaan terhadap data adalah string. Jadi perlu dilakukan konversi bila ingin melakukan perhitungan.
Tabel 2.7.3 Tipe Data Waktu di MySQL

Tipe Data

Format Standar

Zero Value

Datetime
YYYY-MM-DD   HH:MM:SS
0000-00-00  00:00:00
Date
YYYY-MM-DD
0000-00-00
Time
HH:MM:SS
00:00:00
Year
YYYY
0000
Timestamp
YYYYMMDDHHMMSS
00000000000000

·         Tipe Data Lainnya
Disini ada tiga macam tipe data selain yang telah disebutkan diatas, yaitu ENUM dan SET. Tipe ENUM merupakan tipe data yang menyimpan beberapa pilihan data yang boleh disimpan. Sedangkan SET mirip dengan ENUM tetapi bias memilih lebih dari satu pilihan.

Apache merupakan webserver yang dapat mengeksekusi script PHP dan menampilkannya kepada user, dan melalui Apache, PHP dapat mengolah data dan menyimpan data tersebut ke dalam database.

2.8 ERD (Entitas Relationship Diagram)
      Entitas Relationship Diagram adalah suatu pemodelan dari basisdata relasional yang didasarkan atas persepsi di dalam dunia nyata, dunia ini senantiasa terdiri dari sekumpulan objek yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Suatu objek disebut entity dan hubungan yang dimilikinya desebut relationship. Diagram E-R terdiri dari :
·         Kotak persegi panjang, menggambarkan himpunan entitas
·         Elip, Menggambarkan atribut-atribut entitas
·         Diamon, menggambarkan hubungan antara himpunan entitas
·         Garis, yang menghubungkan antar objek dalam diagram E-R

2.8.1 Kardinalitas Relasi
      ERD yang mempersentasikan suatu basisdata relasional senantiasa memiliki relasi-relasi dari jumlah entitas yang dapat ditentukan banyaknya. Banyaknya suatu relasi yang dimiliki oleh suatu relasi entitas disebut derajat relasi. Derajat relasi maksimum disebut dengan kardinalitas sedangkan derajat minimum disebut dengan modalitas. Kardinalitas yang terjadi diantara dua himpunan entitas (missal A dan B) dapat berupa :
·         One to One, satu record dipetakan dengan satu record di entitas lain. Contoh : satu kostumer mempunyai satu akun.
Kostumer

Akun

Kos_akun
 


Gambar 2.8.1 One to One

·         One to many, Satu record dapat dipetakan menjadi beberapa record di entitas lain. Contoh : satu kostumer dapat mempunyai lebih dari satu akun.
Kostumer

Akun

Kos_akun
 


Gambar 2.8.1 One to Many

·        
Kos_akun

Akun

Kostumer
Many to Many, Beberapa record dapat dipetkan menjadi beberapa record di entitas lain. Contoh: satu kostumer dapat memiliki dari satu akun. Satu akun dapat dimiliki lebih dari satu akun (akun gabungan).



Gambar 2.8.1 Many to many

2.9 Pengertian Flowchart
Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alur dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut. Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :




Tabel 2.9 Simbol-simbol dan fungsi flowchart
No
Simbol
Nama
Fungsi
1


TERMINATOR
Permulaan/akhir program
2
GARIS ALIR
(FLOW LINE)
Arah aliran program
3

PREPARATION
Proses inisialisasi/pemberian harga awal
4


PROSES
Proses perhitungan/proses pengolahan data
5
INPUT/OUTPUT DATA
Proses input/output data, parameter, informasi
6
PREDEFINED PROCESS
(SUB PROGRAM)
Permulaan sub program/proses menjalankan sub program
7
DECISION
Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya
8
ON PAGE CONNECTOR
Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman
9
OFF PAGE CONNECTOR
Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda

2 komentar

Write komentar
8 Juli 2013 00.05 delete

Mas trimakasih sebelumnya buat penulisannya,,
apa saya boleh minta file pdf atau wordnya ?
soalnya saya juga penulisan ilmiahnya mengenai php dan mysql

Reply
avatar
8 Juli 2013 18.52 delete

coba di lihat link ini https://docs.google.com/file/d/0B1JfkvZzRGvdWEVNSVhYUEtGYjQ/edit?usp=sharing

Reply
avatar