Pengalaman: Sidang Kompre Paket 1 Gunadarma - Sistem Informasi + Materi Paket 1

Haha.. akhirnya gw udah bertitle S.Kom sekarang dan sepertinya biasa, setiap ada  pengalaman yang gw rasa WOW, itu selalu gw share di blog butut ini.
kemarin, gw sidang di kampus pasca sarjana gunadarma (kenari) tanggal 20/04/2013.
Mau sharing sedikit dulu, sebelumnya tuh ya, gw paling males banget ngurusin kuliah ini, kalo bukan tempat kerja baru gw yang mengharuskan gw jadi S1, bakalan gw entar-entarin kali  ngurusin kuliah gw yang ini. Jadi, gw tuh baru pindah kerja dari Samudera Indonesia Group ke Kementrian BUMN yang gajinya itu 2x lipat dari tempat gw sebelumnya (SIG). Orang mana yang tergiur buat pindah? terlebih lagi posisi gw bakalan naik kalo gw pindah, yaitu jadi Senior Programmer dan intinya gw pun pindah!!.
Nah pas gw pindah itu gw jadi sering banyak ijinnya, karena gw harus ngurusin persyaratan buat bisa ikut sidang kompre ini. Ok, gw bakalan cerita perjuangan gw buat dapetin syarat2nya ini.
  1. Surat Keterangan Bebas Keuangan untuk syarat ini gak terlalu sulit, gw cuma nyerahin semua blanko pembayaran gw dari semester 1 - 9 ke bagian Keuangan. Untuk gosip yang kalo blanko ilang harus ngurus dulu ke BANK DKI, itu HOAX buat gw, karena waktu kemarin gw ngumpulin itu ada beberapa semester yang ilang blankonya, kalo gak salah semester 1 sama semster 2 gw ilang.
  2. Surat Keterangan Bebas Perpustakaan untuk syarat ini, sebenernya gampang, tapi ada beberapa ketololan yang gw lakuin. Waktu itu, Malam sebelum gw pengen ke depok. gw udah ngupload semua PI dan Persentasi gw di studentsite, ketololan gw itu bermula dari gagalnya file persentasi yang gw upload, tapi gw coba2  terus dan akhirnya muncul deh itu link tombol CETAK BEBAS PERPUSTAKAAN, gw pun langsung dah itu ngprint surat bukti upload persentasi. Namun ke esokan harinya, ternyata pas gw ke loket Perpustakaan, mba-mba itu bilang, file PERSENTASI gw belum di upload?!. Gw pun kaget !@#$%^&, karena perasaan gw tuh udah ngupload dan gw pun ngotot ke mba2nya. Akhirnya dengan jalan tengahnya, mba-mba itu milih ngbantuin gw, buat ngupload persentasinya, tapi pas gw kasih flashdisknya, ternyata file yang gw upload itu berformat PPT (Power Point) jadinya gak bisa di upload, padahal seharusnya itu, formatnya .PDF!! WHAATTT???!!!. Ok, karena gw udah ngakuin gw yang salah, akhirnya pun gw langsung ke warnet sekitar kampus gunadarma depok itu buat ngerjain, buat yang belum tau gimana caranya convert file menjadi PDF bisa coba ke link ini convert pdf online. setelah gw selesai gw balik lagi ke itu loket dan akhirnya gw dapet capnya. Surat Bebeas Perpustakaan done!!
  3. Bukti telah mengikuti test Uptitude untuk syarat ini, gw tuh nyesel banget, kenapa dulu gw gak ikut test uptitude bareng2 anak-anak yang dulu. zzz.. Alhasil gara2 syarat ini gw harus daftar test uptitude lagi dan harus ijin kerja lagi -___-. Gw pun ke gedung yang deket gazebo itu(taulah itu gedung apa namanya) dan gw naik ke lantai 3. Disana mba-mba yang pake jilbab itu yang jagain di ruang uptitude, dia tuh cakep, tapi tau deh namanya siapa, kalo di liat dari jari jemarinya, kayanya dia udah nikah, soalnya di jari manis kirinya ada cincin gitu :D Bwhkhkhkhkhkhk (kalo cewe gw baca, mampuslah gw ini) :D. Setelah di kasih harinya, gw pun ikut test uptitudenya dan akhirnya gw dapet tanda telah mengikut test uptitude
  4. Telah Mengikuti Workshop dan Kursus (minimal 1 kali) untuk syarat ini sih gw slow aja, karena gw udah pernah ngikutin ini sebelumnya.
  5. Nilai IPK Utama Minimal 3 untuk syarat yang ini gak terlalu sulit, gw cuma harus mengeluarkan uang 75rb buat beli voucher UM Ujian Utama dan hasilnya langsung B (karena waktu itu ada pemutihan gitu deh) :D hakhakhak. Ini contoh cheat yg kemarin gw pake. Ini adalah salah satu cheat yang pernah gw pake. Link: https://www.mediafire.com/folder/g2hytzl6y835z/cheat_Gundar
  6. Telah lulus Penulisan Ilmiah Nah gegara syarat ini, gw jadi gw gak bisa daftar sidang kompre secara prosedural, jadinya gw harus ketemu sekjur dan ngemis pengecualian buat syarat yang satu ini. Karena PI gw itu belum di tandatangani sama KASUBAG dan KETUA JURUSAN. Untuk dapet tanda tangan mereka masing-masing butuh waktu 1 minggu!! Whattttsss?!@#$% itu gak mungkin kan, karena daftar sidang kompre itu yang terakhirnya tanggal 18/04/2013 sedangkan sekarang itu tanggal 11/04/2013, akhirnya tanggal 17/08/2013 hasil ngemis gw berbuah hasil, gw di perbolehkan ikut sidang dengan hanya menggunakan tanda mengikuti sidang PI sebagai penggati sertifikat PI.
Akhirnya gw pun sudah terdaftar sebagai perserta Sidang Kompre pada tanggal 20/03/2013 di gedung Gunadarma yang di KENARI (sehabis Kedokteran UI masuk gang nya). Tapi ada yang terlewatkan, gw cumapunya waktu 3 hari buat belajar segitu banyaknya materi (Keamanan Komputer, Jaringan Komputer danSistem Operasi) ditambah lagi kerjaan gw di kantor yang belum selesai. Dengan bissmilah gw milih strategi tanggal 18/03/2013 gw ngerjain tugas kerjaan gw dan 19/03/2013 gw baru belajar buat sidangnya.
bisa lo banyangin gw belajar segitu banyak materi (ada di foto yang paling atas) dalam 1 hari ?!.
Ya, itu yang gw lakuin, Lo tau kenapa itu ada tulisan gw dan pulpen di foto itu? itu karena gw ngerangkum semua materi itu dalam metode MIND MAP dan ini hasil mindmap gw.

Pokoknya dari semua materi itu, gw cuma bisa ngerangkum jadi 4 lembar kertas dan foto itu salah satu di antaranya.
Untuk semua materinya silakan download di sini
Sekarang gw, tinggal geser tali di toga doank deh. :p

61 komentar

Write komentar
3 November 2013 06.08 delete

ka dapet prmutihannya di semster berapa ?

Reply
avatar
5 November 2013 19.19 delete

@eko Harus non-kelas dulu ko. waktu itu saya dapet di semester 9 :D

Reply
avatar
5 November 2013 20.45 delete

KK linkny mati buat downloadnya,,

Reply
avatar
7 November 2013 05.10 delete

Makasih KK,salam kenal sesama gundar^^

Reply
avatar
9 November 2013 15.45 delete

tapi pasti dapet ka di semester 9 ?. soalnya ipk utama jauh banget nih dari 3.0 hehe

Reply
avatar
10 November 2013 22.38 delete

Waktu itu mah kata ibu2 yg di loket daftar UM mah, setiap mahasiswa yg non-kelas pasti dapet pemutihan, buat ngjaga AKREDITASI GUNADARMA atas lulusannya, gitu.

Reply
avatar
10 November 2013 22.40 delete

@yogi http://adf.ly/YMEmz itu linknya yog, iya salam kenal juga yog.

Reply
avatar
11 November 2013 05.18 delete

syaratnya non kelas aja ka ?
atau harus minta tandatangan sekjur dulu ?

Reply
avatar
14 November 2013 19.37 delete

iya cukup non-kelas aja. kog! kalo emang ragu, nanti coba aja 1 voucher dulu di semester 9, kalo berhasil baru deh. tapi pemutihan cuma buat UM Negara doank loh.

Reply
avatar
25 Februari 2014 20.39 delete

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Reply
avatar
13 Maret 2014 02.43 delete

kak? ane skrg semester 4 domisili kalimalang, ipk utama ane kurang dr 3, katanya klo kurang ga bisa skripsi ya? trus katanya klo ikut um UU nanti ada tandanya ya diijasah (kata temen) trus kalo ikut sidang kompre katanya susah ya buat dapet kerja? mohon pencerahannya ya gan ane gundah gulana nih T_T

Reply
avatar
18 Maret 2014 19.48 delete

Mas brohh.. Ane ank smstr 6, mau tnya nih... Sidang kompre itu tertulis apa lisan? Pas ane liat di file mas brohh "Kisi-kisi sidang kompre" kok kyk tertulis gtu yah? Itu dosennya ngajuin pertanyaannya lngsung pas ngasih materinya jg apa materi dlu, trs pas sidang kompre lgsg ditnya?

Masalah ane jg nilai ipk ane kurang dr 3. :-(

Mohon di READ yah mas brohh... Tararengkyu (Thank you)...

Reply
avatar
25 Maret 2014 23.48 delete

@arifrahmanto Untuk IPK yang kurang dari 3, memang betul gak bisa ikut skripsi, jadi harus kompre. Kalo soal ijazah yang di bedain gegara ikutan UU itu bohong. karena saya, baikbaik aja :D

@Renny Kompre itu ujian lisan, dan yang di download itu kumpulan dari materi2 paketnya mba brow :P
Saya dapet materinya itu sendiri mba brow, gak di kasih dari dosen. Jadi, nanti kalo pas kompre, langsung di tanya sama dosennya.

Reply
avatar
31 Maret 2014 20.48 delete

kaka,,itu yang pemutihan buat yang Matakuliah Utama, apa yang Lokal juga??

Reply
avatar
1 April 2014 00.00 delete

Iya, pemutihan hanya untuk mata kuliah utama saja.

Reply
avatar
2 April 2014 02.18 delete

Serem banget OM
Cuman dapat Tanda Tangan aja 1 Bulan :3 :3

Reply
avatar
2 April 2014 09.52 delete

Ya, makanya ngerjain Penulisan Ilmiahnya jangan di pending pending :D

Reply
avatar
Kaoki
AUTHOR
31 Agustus 2014 09.24 delete

Wow, Keren, Sob...

Cuma 1 hari bisa belajar 3 mata kuliah sekaligus... O_O

Bisa minta Ringkasan MIND MAP-nya ga, Sob..?! soalnya ane dalam waktu dekat juga akan melaksanakan Sidang... hehehe....

Mohon doanya ya, Sob... #MintaDukungan

Reply
avatar
1 September 2014 19.14 delete

Wah semoga sukses sob. Sorry nih bukannya gak mau ngasih. Tapi MIND MAP yg waktu ane buat, udah tau dah kemane :3. udah lama soalnya.

Reply
avatar
28 Januari 2015 19.43 delete

Ka saya ingin bertanya, um kalau pemutihan itu hanya utk ujian negara dan non kelas? Kalau misalkan lulusan kompre itu bisa daftar s2nya dmn ya?

Reply
avatar
30 Januari 2015 00.00 delete

Untuk Ujian Mandiri (UM) hanya bisa di peroleh untuk ujian negara dan mahasiswa non-kelas. (setau saya sih gitu).
Kalo untuk pendaftaran S2 (mungkin) ada di gunadarma yg di salemba. Setau saya disana khusus untuk pascasarjana.
Btw agan edwin mau lanjutin s2 yah ? kabar2in yah gan. kali aja, nanti jadi barengan. :D

Reply
avatar
9 Maret 2015 05.25 delete

Mau nanya dong gan. Ane skrng udah mulai masuk semester 8, cuma wktu itu ane ga ikut uts dan terancam dapet nilai e .
Sebentar lagi kan udah mau masuk sidang kalo ane nilainya e masih bisa sidang di semester 8 ga gan, apa harus ngulang kelas di semester 9 ? -_-"

Reply
avatar
11 Maret 2015 18.26 delete

kalo E gak lebih dari satu, masih bisa kok ngikutin siang via prosedural

Reply
avatar
11 Maret 2015 18.47 delete

Belum ada e sih sebelumnya,
Siang via prosedural?? Maksudnya apa ya?

Reply
avatar
14 Maret 2015 00.05 delete

prosedural maksutnya, kamu jadi gak perlu. ngemis-ngemis ke sekjur minta di bantuin :D

Reply
avatar
14 Maret 2015 01.50 delete

Terus sama nilai yang e nya , gimana cara ngerubahnya kalo ga ngulang kelas?

Reply
avatar
14 Maret 2015 03.49 delete

Setau saya sih harus ngulang kelas. Tapi waktu itu pernah ada temen yang dapet nilai E nya ada 3. Terus di ke sekjur. Sama sekjur dikasih tugas apa gitu, biar nilainya E nya bisa di ganti. Coba aja ke sekjur dulu

Reply
avatar
14 Maret 2015 06.29 delete

Oh rekomendasi nilai ya.. Tapi temennya ngulang kelas apa langsung rekomendasi nilai ka?

Reply
avatar
4 Agustus 2015 12.08 delete

Maaf mas mau tanya klo surat bebas keuangan syarat sidang ilang, harus urusnya bagaimana ya? Mksh

Reply
avatar
9 Agustus 2015 23.57 delete

Coba aja, tanya ke PSMA Online tik, lupa juga saya. Tapi intinya, kalo ada kesulitan seputar syarat2 sidang, bisa minta tolong sama sekjur tik.

Semoga Membantu.

Reply
avatar
10 Agustus 2015 01.15 delete

bang saya gundar 2011 sidang kompre jg paket 1. Do'akan lulus thn ini bang.. Amiinnn =D

Reply
avatar
10 Agustus 2015 05.34 delete

Amin.. gan. Semoga lulus. (Tapi pasti lulus sih, cuma beda versi aja. Ini sidang kompre ulangan keberapa :D ). Tp sedikit saran dari saya, yg penting, pengertian kita sendiri aja, jgn text book. jadi susah ngapalin. makanya ada metode mind map. GOOD LUCK

Reply
avatar
24 Agustus 2015 04.08 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
24 Agustus 2015 04.09 delete

Ka mau nanya kakak kalo um pake cheat gak? Aku masih semster 2 Dan ipk jeblok banget. Harus gimana yaaa?

Reply
avatar
24 Agustus 2015 04.20 delete

Ka mau nanya kakak kalo um pake cheat gak? Aku masih semster 2 Dan ipk jeblok banget. Harus gimana yaaa?

Reply
avatar
26 Agustus 2015 00.37 delete

hhe.. pake sih. cuma dulu bisanya ngebuat sendiri cheatnya. soalnya waktu lagi jaman saya kuliah. Cheat yg beredar cheatnya gak mutu semua :D. Kalo masih semester 2 jeblok sih masih woles aja, masih bisa ngejarnya. Lah saya ? dari 1 - 4 jeblok mulu, tapi gitu semester selanjutnya jadi mati2an ngejarnya. Intinya manfaatin aja terus fasilitas "UM"-nya, jangan takut jadi miskin karena UM :D

Reply
avatar
31 Agustus 2015 02.24 delete

Kalo mau dapetin cheat UM lokal gimana ka?

Reply
avatar
3 September 2015 11.28 delete

halo NICE BLOG..
1. gue punya IP teramat sangat buruk (gegara kerja mulu).
2. sudah lulus sidang PI tp belum Hardcover, dan gak ngerti soal upload2 ke SS apa lagi minta tanda tangan (mungkin males, bukan gak ngerti)
3. belum UM (karna kerja)

yg mau saya tanyakan adalah, saya disuru kawan ke sekjur bawa print-an nilai IP, minta rekomendasi. nahhh saya masih bingung,
- itu apa benar saya cukup ke sekjur bawa print-an IP trus nanti lsg direkomendasiin tanpa saya bilang/minta/ngomong apa-apa?
- apa saya pas datang ditanya "mau ngapain?" baru saya jawab "minta rekomendasi nilai dong!"

JUJUR saya takut banget ke sekjur. belum pernah.

dan saya sangat-sangat takut gak lulus tahun ini !
*bosyan6tahunkuliah..

Reply
avatar
3 September 2015 11.29 delete

halo NICE BLOG..
1. gue punya IP teramat sangat buruk (gegara kerja mulu).
2. sudah lulus sidang PI tp belum Hardcover, dan gak ngerti soal upload2 ke SS apa lagi minta tanda tangan (mungkin males, bukan gak ngerti)
3. belum UM (karna kerja)

yg mau saya tanyakan adalah, saya disuru kawan ke sekjur bawa print-an nilai IP, minta rekomendasi. nahhh saya masih bingung,
- itu apa benar saya cukup ke sekjur bawa print-an IP trus nanti lsg direkomendasiin tanpa saya bilang/minta/ngomong apa-apa?
- apa saya pas datang ditanya "mau ngapain?" baru saya jawab "minta rekomendasi nilai dong!"

JUJUR saya takut banget ke sekjur. belum pernah.

dan saya sangat-sangat takut gak lulus tahun ini !
*bosyan6tahunkuliah..

Reply
avatar
3 September 2015 11.29 delete

halo NICE BLOG..
1. gue punya IP teramat sangat buruk (gegara kerja mulu).
2. sudah lulus sidang PI tp belum Hardcover, dan gak ngerti soal upload2 ke SS apa lagi minta tanda tangan (mungkin males, bukan gak ngerti)
3. belum UM (karna kerja)

yg mau saya tanyakan adalah, saya disuru kawan ke sekjur bawa print-an nilai IP, minta rekomendasi. nahhh saya masih bingung,
- itu apa benar saya cukup ke sekjur bawa print-an IP trus nanti lsg direkomendasiin tanpa saya bilang/minta/ngomong apa-apa?
- apa saya pas datang ditanya "mau ngapain?" baru saya jawab "minta rekomendasi nilai dong!"

JUJUR saya takut banget ke sekjur. belum pernah.

dan saya sangat-sangat takut gak lulus tahun ini !
*bosyan6tahunkuliah..

Reply
avatar
29 September 2015 03.47 delete

Mau tanya dong kak. Brati yang bisa ujian utama mandiri yang pemutihan itu cuma yang non kelas aja? Walaupun sekarang dibilang ada pemutihan untuk yang baru semester 7 ga bisa ikutan?

Reply
avatar
29 September 2015 03.48 delete

Mau tanya dong kak. Brati yang bisa ujian utama mandiri yang pemutihan itu cuma yang non kelas aja? Walaupun sekarang dibilang ada pemutihan untuk yang baru semester 7 ga bisa ikutan?

Reply
avatar
26 Oktober 2015 19.29 delete

Maaf baru balas. Karena Komen kamu yang ini, gak masuk ke email saya.

Surat rekomendasi biasanya itu buat mahasiswa yang nilai E nya mau di-"maafin" gitu. Soalnya nilai E yang lebih dari 1 atau 2 gitu (saya lupa), gak bisa ikut Kompre. Nah remediasi itu jalan pintasnya.

Jangan takut minta remediasi. Belaga polos dan bodoh aja sama sekjur, dan orang2 gundar disana. Jangan pernah ngelawan (soalnya biasanya malah makin di persulit).

Dan intinya. Datang aja ke ruang sekjur, terus bawa print-an IP dan Bilang "Bu, saya minta rekomendasi nilai saya di matkul "ini", bisa ?
udah gitu aja. kalo dia minta ini itu turutin aja udah (dari pada gak lulus2). :D

- semoga lulus tahun ini -

Reply
avatar
27 Oktober 2015 19.06 delete

Ya.. Pemutihan hanya untuk non-kelas saja. (setau saya sih gitu)

Reply
avatar
15 Mei 2016 05.07 delete

Kak sya mau tanya kalau nilai p itu apasih? Terus kalau mau ngurus harus kmana? Mksih kak

Reply
avatar
15 Mei 2016 05.28 delete

Wah.. saya kurang tau kalo nilai P, mungkin bisa nanya ke sekjur-nya. soalnya saya dan temen2 waktu itu. gak pernah ada yg nilainya P

Reply
avatar
18 Mei 2016 06.43 delete

@ika setau saya nilai P itu maksutnya nilai Pending. untuk penyebabnya saya kurang tau.

Reply
avatar
6 September 2016 16.10 delete

Ka, mau nanya, pendidikan agama islam ka n dpt e, saya rasa gara2 wkt itu saya ga ikut uts, trus si bpknya blg krm aja jwbn utsnya pk pos, lalu saya kirim pk pos tapi tnyata posnya telat sampe rmh si bpk, wkt itu si bpknya mlh nanya knp krm pk pos, saya kan msh smester 2 tktnya dimarahin kl kirim pk yg lain(tdk sesuai dg yg diperintahkan si bpk krn si bpk mintanya pk pos) cm kynya si bpknya nyalahin saya krn krm pk pos, pdhl saya uas blajar, tapi knp ky hsl uasnya ga dianggep ya, cuma ada 1 sih nilai enya, bisa ga kl ga ulang kls?

Reply
avatar
7 September 2016 10.32 delete

Kalo E setau saya harus ulang UKS, tapi kalo kamu males (setau saya) gpp dengan nilai E, asal jgn lebih dari satu, nilai E-nya.

Reply
avatar
helloeny
AUTHOR
26 Desember 2016 05.55 delete

Kak, blog nya bermanfaat bgt. Aku anak smt 8, nah kemaren gak ikut uts sekali dikarenakan urusan keluarga. Nah kan kemungkinan buruknya dapet E, dan kalo bener dapet E berarti ini satu2nya matkul yang E, kalo gini bisa minta rekomendasi ke sekjur yah kak nanti pas semester 9 atau pas mau sidang?

Reply
avatar
6 Maret 2017 04.52 delete

Kaa mau nanya nih... Gw kan sekarang udah masuuk semester 6 ... Kira² bakal ada ga UM pemutihan Utama ?? Read yaa kaa.. soal penting bgt 😑 dan kalo ada itu jangka waktu nya berapa lama ?? Oke itu aja..

Reply
avatar
20 September 2017 00.24 delete

Seinget saya, pemutihan utama itu cuma buat mahasiswa non kelas, jadi kalo baru semester 6, gak ada deh.

Reply
avatar
10 Oktober 2017 02.44 delete

Kak saya mau tanya kan,saya kan sudah ikut ujian kursus 2 kali kenapa gagal terus nya kan,saya mau dafsin juga gak bisa soalnya saya angkatan 2012 tolong solusinya kak

Reply
avatar
10 Oktober 2017 02.52 delete

Kak saya mau tanya kan,saya kan sudah ikut ujian kursus 2 kali kenapa gagal terus nya kan,saya mau dafsin juga gak bisa soalnya saya angkatan 2012 tolong solusinya kak

Reply
avatar